Laporan Kunjungan VTS

LAPORAN KUNJUNGAN
PELABUHAN PT. ASDP MERAK EKSEKUTIF


Muhammad Altair Jusuf
TEKNIK KELAUTAN A

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sebuah kegiatan kunjungan akan membantu mahasiswa untuk menambah wawasan serta membuka pikiran tentang bagaimana lingkungan saat kerja nanti dan kegiatan kunjungan juga akan membantu mahasiswa dalam hal kedisiplinan dan bertanggung jawab, kegiatan ini juga membantu mahasiswa mengetahui hal-hal baru seperti cara serta tata kerja peralatan-peralatan di pelabuhan tersebut.

1.2 ​Tujuan
1. Memperluas pengetahuan Mahasiswa dalam lingkungan dunia kerja.
2. Memberi pengetahuan tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
3. Melihat secara langsung proses bongkar muat kapal
4. Sebagai sarana pembelajaran

1.3​ Waktu dan Tempat
Kunjungan perusahaan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2019 ke Pelabuhan Merak yang bertempat di Jl. Raya Merak , Merak, Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon, Banten. 





BAB II
PEMBAHASAN
Pada kunjungan kali ini yang berproses di pelabuhan Merak, ada banyak proses atau kegiatan yang tergolong baru yang menyangkut berbagai hal, salah satunya bagian dermaganya, ada yang disebut dermaga eksekutif yang dimana dermaga ini bisa menambah atau meningkatkan kualitas pelabuhan itu sendiri. Kenapa? karena di dermaga ini dilakukan sebuah pemisahan jalur untuk penumpang, barang sampai kendaraan-kendaraan kecil termasuk pula truk. 
Dermaga eksekutif ini memiliki fasilitas seperti boarding lounge, valet parking serta kantin untuk orang pelabuhan atau penumpang itu sendiri, ada pula penetapan waktu bongkar muat yang diberikan oleh pihak dari pelabuhan tersebut adalah 45 menit Hal-hal yang menyangkut dengan kapal ataupun fasilitas didalmnnya tidak perlu diragukan karena kualitas kapal yang digunkan sangat modern dan rata-rata kecepatan kapalnya yaitu 15 knots.
Dari banyak serta sibuknya segala kegiatan tersebut tidak membuat pelabuhan Merak menjadi tempat yang sesak untuk kendaraan serta penumpang-penumpang di pelabuhan tersebut, karena tersedia 7 dermaga didalamnnya, salah satu dermaganya pun diberikan fasilitas VIP yang memiliki fasilitas yang mewah serta gedungnya yang bertingkat, segala fasilitasnya terbilang yang termegah di Indonesia.
penyeberangan Selat Sunda pada umumnya membutuhkan waktu 2,5 jam, penumpang yang menggunakan terminal eksekutif bisa menyeberang hanya dalam waktu 1 jam.

Ø Ro-Ro Besar

Sesuai kebutuhan, rute Merak-Bakauheni itu kinidilayani Ro-Ro ukuran besar, dan umumnya di atas 5.000 ton. Ro-Ro ukuran kecil diminta pindah lain rute. Kapal roll in/roll off ini memiliki pintu hidrolis di ujung haluan dan buritan. Dengan begitu, manuver kapal untuk merapat ke dermaga dapat lebih cepat dansegera pula menurunkan segala muatannya. Jarak sekitar 34 km ditempuh dalam waktu rata-rata dua jam bila dengan feri reguler dan 1 jam 20 menit dengan Ro-Ro kelas eksekutif

Ø TEMPAT REKREASI
Selain sebagai infrastruktur transportasi, Pelabuhan Eksekutif Merak dan Bakauheni ini juga didesain sebagai tempat berekreasi bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya, selain juga bagi para penumpang feri atau penyeberangan. Fasilitas wisata kuliner, seperti café dan restoran, serta ritel dan shopping mall menjadi pelengkap sarana kedua pelabuhan eksekutif ini. Di area ritel dan mall, masyarakat setempat akan dapat memperkenalkan kebudayaan lokal melalui kuliner dan produk kreatif yang ada sehingga memberikan nilai tambah ekonomi bagi mereka.

HASIL PEMBAHASAN
Dari segala proses kegiatan yang dilakukan dalam kunjungan kita dapat mengetahui bagaimana perkembangan di pelabuhan merak dari fasilitas sampai proses kerja lapangannya, dan salah satu hal terpenting yaitu kita jadi tahu kalau di pelabuhan tidak selalu tentang lapangan penumpukan atau jenis kapal yang bersandar, adapula tempat seperti café, restoran sampai mall yang dibangun untuk meningkatkan ekonomi di pelabuhan itu sendiri.

KESIMPULAN
Dari penjelasan diatas dapat saya  simpulkan bahwa kegiatan Praktik Kerja Lapangan sangat bermanfaat untuk mahasiswa/mahasiswi jurusan Teknik kelautan angkatan 2018,. Selain itu kegiatan Praktik Kerja Lapangan juga menjadi salah satu sarana untuk mengasah keterampilan khususnya dalam hal praktik dimana kita bisa belajar lebih luas dalam dunia kerja serta sebagai ajang untuk melatih mahasiswa/mahasiswi  menjadi generasi muda yang bertanggung jawab dan profesional dalam menghadapi segala permasalah yang akan muncul di dunia kerja nantinya.

SARAN
Ada banyak kekurangan dalam proses kegiatan kunjungan ke VTS kemarin yaitu kurangnya waktu dalam melakukan kegiatan kemarin, dan kurang melakukan interaksi dengan beberapa petiggi disana, saran yang paling penting yaitu buat teman-teman sekalian yang ingin melakukan kunjungan adalah lebih merencanakan proses kunjungan dengan sematang-matangnya dengan membuat segala surat yang diperlukan untuk kunjungan, dan buat teman-teman sekalian kalau sudah melaksanakan kunjungan jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang telah didapatkan

Comments

  1. wah berguna sekali ya.. mksih min

    ReplyDelete
  2. Sebaiknya dimasukan dokumentasi selama kunjungan. Hasil pembahasan diubah menjadi hasil saja, kemudian dinaikkan sebelum pembahasan.
    Sebenarnya ada metode, catatan harian dan kamera di hp/dokumentasi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Analisis transformasi dan spektrum gelombang berarah di perairan sayung Demak Jawa Tengah